Tips Penting untuk Traveler Indonesia yang Akan Berkunjung ke Eropa

 

http://www.smithsonianjourneys.org/

 

Jika kamu seorang traveler yang berencana akan melakukan perjalan berlibur ke Luar Negeri, kamu kamu harus mengetahui terlebih tips penting saat berkunjung ke Negara Eropa dan tempat-tempat yang baru. Tentunya, kamu belum mengetahui pasti banyak hal tentang negara tersebut. Seperti bagaimana kelangsungan hidup yang ada disana, kebiasan orang-orang sekitar dan apa saja yang perlu kamu persiapkan.

Salah satu negara yang paling sering dikunjungi untuk berlibur di Luar Negeri adalah wilayah Eropa. Karena, Eropa memiliki banyak sekali jumlah negara dengan keindahan masing-masingnya. Jika kamu merupakan seseorang yang baru pertama kali akan melakukan destinasi perjalanan berwisata ke Eropa, kamu telah memilih langkah yang tepat dan cocok.

Namun, sebelum kamu akan berencana untuk pergi kesana, kamu harus siap untuk mengetahui lebih banyak hal lagi agar merasa lebih percaya diri untuk liburan ke negara Eropa tersebut, daripada kamu harus merasa kebingungan karena tidak mengetahui apa-apa di negara lain tempat kamu akan berlibur.

Maka dari itu, apa saja yang harus kamu persiapkan untuk berlibur ke negara tersebut? Mari simak pembahasannya.

 

1. Mengurus Dokumen Sebulan Sebelum Berangkat

Dalam mempersiapkan sebuah dokumen, kamu harus melengkapinya dengan berbagai syarat kelengkapan minimal sebulan sebelum keberangkatan. Setelah itu, kamu juga menjaga kesehatan dan fisik agar tetap fit nantinya melakukan destinasi perjalanan yang cukup jauh.

Berbicara soal dokumen, kamu harus mempersiapkan hal terpenting seperti paspor dan visa. Jika kamu masih belum memiliki pasopor, sebaiknya kamu harus mengurus perlengkapan tersebut minimal 3 minggu atau 1 bulan sebeklumnya. Pembuatan paspor biasanya berlangsung selam 3 hari, atau bisa juga lebih cepat yaitu 1 hari saja jika kamu membayar lebih. Selain paspor, pastikan juga kamu sudah mempersiapkan visa untuk pergi ke Eropa sambil menentukan berapa lama kamu akan berlibur disana.

Untuk membuat visa juga membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya kamu harus menunggu selama 2 hari sampai visa tersebut jadi. Namun, agar menghindari kelalaian, sebaiknya visa tersebut juga cepat untuk diurus sebelum keberangkatan.

 

2. Menukar Mata Uang Rupiah ke Mata Uang Euro

Selain dokumen yang penting untuk dibawa, kamu juga memerlukan kartu tanda penduduk Indonesia guna untuk berjaga-jaga jika terjadinya sesuatu. Kemudian selanjutnya, kamu juga perlu memperhatikan persiapan hal lainnya seperti menukarkan nilai mata uang Rupiah ke Euro.

Menukarkan mata uang ini merupakan salah tips awal untuk liburan ke Eropa. Kamu tidak bisa menggunakan mata uang rupiah untuk berbelanja di negara tersebut. Tentu kamu harus mencocokkan mata uang yang akan digunakan oleh masyarakat di Eropa tersebut. Cara menukar mata uang kini jauh lebih mudah, karena bahkan hampir di semua daerah di Indonesia memiliki tempat untuk penukaran uang. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke kota lain hanya untuk menukarkan uang sebelum dibawa berlibur.

Kamu tidak perlu khawatir dengan jumlah mata uang yang akan kamu tukarkan, sebaiknya kamu perlu mencari informasi terlebih dahulu di internet terkait persoalan biaya dan belanja yang kira-kira cukup selama kamu berada di Eropa. Karena, menentukan budget pengeluaran merupakan salah tips penting sebelum kamu berkunjung ke negara tersebut.

 

3. Membawa Perlengkapan Obat-obatan

Setelah kamu menyelesaikan persiapan dokumen dan mata uang yang nantinya akan kamu gunakan, pastinya kamu mempersiapkan untuk membawa perlengkapan obat-obatan dan medis. Walaupun tujuan awalmu hanya untuk bersenang-senang dan liburan, tidak menutup kemungkinan kamu tidak akan sakit. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan obat-obatan dari Indonesia, daripada kamu harus membeli kembali saat berada disana.

Kamu bisa membawa beberapa obat-obatan yang penting seperti untuk demam, flu, batuk, pusing dan lainnya. Atau jika kamu memiliki jenis penyakit khusus kamu juga jangan sampai lupa untuk membawanya. Karena, untuk mencegah diri agar tidak jatuh sakit, kamu bisa beristirahat dengan baik dan menjaga pola makan teratur sebelum berangkat. Kapan perlu kamu juga jangan terlalu sering untuk melakukan aktivitas berat.

 

4.  Membawa Kartu Kredit dengan Logo Visa atau Master Card

Uang tunai memang sangat penting untuk dibawa ketika berlibur ke luar negeri, Namun, jika kamu masih khawatir mengenai uang tunai tersebut karena tidak cukup, kamu perlu membawa kartu kredit untuk berbelanja. Tetapi, kamu jangan sembarangan untuk membawa dan menggunakan kartu kredit saat berada disana.

Tips awa untuk kamu yang ingin berlibur ke Eropa adalah dengan membawa kartu kredit berlogo visa atau mastercard. Selain dari kedua logo ini tentu tidak bisa kamu gunakan saat berada di luar negeri. Terutama untuk kamu yang berencana akan berbelanja di luar negeri, maka kartu kredit sangat kamu perlukan untuk segala transaksi jual belinya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kartu debit selama berada di Eropa agar tetap bisa digunakan saat kamu akan melakukan transaksi jenis apapun. Tentu hal tersebut bertujuan untuk mempermudah segala sistemnya.

 

5. Mempelajari Musim-musim di Eropa

Tips selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu musim apa saja yang ada di Eropa. Karena, Eropa memiliki 4 musim yang selalu berlangsung disana setiap tahunnya, yaitu musim panas, musim gugur, musim salju dan musim semi.

4 musim yang ada di Eropa, tentu kamu harus menanganinya dengan baik. Agar saat berlibur kamu sudah memahami musim apakah yang sedang terjadi saat kamu mengunjungi negara tersebut untuk berlibur.

Tujuan mempelajari musim-musim ini adalah untuk menentukan jenis pakaian apa yang harus kamu persiapkan nantinya. Jadi, kamu tidak perlu salah untuk membawa pakaian saat pergi ke sana dan tidak perlu untuk berbelanja pakaian lagi.

 

6. Mencari Tahu Tempat Makanan Halal

Selain mempersiapkan dokumen dan barang apa saja yang harus dibawa, kamu tentunya juga harus mencari tahu restoran dan kuliner mana saja yang menyediakan makanan halal untuk dikonsumsi terutama untuk wisatawan yang  beragama Islam. Karena selama berlibur, kamu juga perlu untuk mengisi energi dan tenaga yang sudah terbuang.

Kamu bisa mendapatkan informasi dengan mudah melalui internet terkait restoran halal tersebut.

 

7. Mengunduh Aplikasi Traveling

Aplikasi traveling merupakan aplikasi yang wajib kamu unduh di ponsel saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Karena, dengan adanya aplikasi tersebut kamu bisa mendapatkan banyak informasi tentang tempat makan dan destinasi wisata untuk berlibur.