Tips Berangkat Umroh Di Usia Muda

 

Assalamualaikum, di usia muda, tentu sangat banyak dari kita khususnya yang beragama Muslim untuk melaksanakan Ibadah yang mirip dengan ibadah haji. Hanya saja yang membedakannya adalah Umroh bisa dilaksanakan kapan saja tergantung pendaftaran kita pada suatu agen travel yang sudah dipilih serta berapa biaya yang kita miliki. Sementara Haji hanya bisa terlaksanakan setahun sekali dan biaya nya pun juga terbilang cukup besar. Melaksanakan Umroh di usia muda merupakan suatu anugerah yang Allah berikan kepada kita sebagai umat muslim. Dan inilah beberapa Tips berangkat umroh di usia muda : 

  • Menabung

Sebelum akan meniatkan sesuatu yang berujung pada keuangan, tentu kita akan menyisihkan sebahagian penghasilan kita guna untuk ditabungkan terlebih dahulu. Dengan terus-menerus menabung maka uang yang terkumpul akan semakin banyak pula. Dengan begitu barulah kita akan tahu kemana tabungan ini nantinya akan kita gunakan. Di dalam umroh tabungan yang sudah di persiapkan juga bisa di deposito terlebih dahulu agar keuangan dirasa aman dan jauh dari hal-hal yang tidak di inginkan. Contoh saja bila menyimpan di rumah yang keamanannya tidak terjangkau maka akan terjadi suatu kemungkinan duit tersebut hilang atau rusak. Tentu hal tersebut sangat disayangkan bukan, Wallahualam

  • Niat

Setelah dirasa telah memiliki tabungan yang cukup, maka langkah selanjutnya adalah memikirkan perubahan selanjutnya. Bagi kita yang sudah memiliki niat yang sangat matang, maka untuk mencapai suatu tujuan, tentu langkah kita akan lebih dipermudah oleh Allah Subhannahuwata’ala jika niat tersebut memang adanya karena beribadah kepada Allah. 

  • Mencari Informasi Tentang Umroh

Sebelum itu, carilah informasi mengenai umroh. Di jaman yang serba digital ini bahkan tidak susah bagi kita untuk menemui informasi terkait yang sedang kita butuhkan. Setelah kita mencari tahu secara keseluruhan, maka hal penting selanjutnya yang wajib kita ketahui yaitu Doa niat perjalanan umroh, manasik, rukun-rukun umroh, tata cara dalam menjalankan umroh, dan tempat-tempat yang ada di tanah suci yang berkaitan dengan ibadah umroh. Jika sudah banyak mengetahui maka rasa semangat pada diri kalian akan timbul dengan sendirinya. 

  • Memahami Rukun-rukun Umroh

Setelah menggali informasi lebih dalam mengenai perjalanan umroh, doa-doa, serta berbagai informasi penting lainnya, maka untuk menuju ke tahap berikutnya kita akan lebih fasih dan tidak ada keraguan didalamnya. Karena sebaik-baiknya dalam menjalankan ibadah umroh adalah kesiapan yang luar biasa. Karena adanya hal tersebut maka Allah akan meridhoi segala niat serta tujuan baik kita. Ibadah dan doa-doa yang dipanjatkan di dalam umroh tidak boleh asal-asalan, semuanya sudah ada di dalam ketentuan mulai dari awal perjalanan, hingga akhir kepulangan.

  • Menjalankan Ibadah Umroh

Disaat semua telah terlaksana, niat, tabungan yang cukup, dan kelengkapan informasi, barulah kita dikatakan benar-benar siap untuk menjalankan ibadah umroh. Ibadah Umroh yang dilaksanakan secara sendiri atau bersama-sama baik itu keluarga maupun rekan pertemanan akan dilakukan bersama pilihan tur atau paket travel yang telah di pesan sebelumnya. Dalam melaksanakan ibadah umroh, penginapan nya tidak boleh dicampur antara laki-laki dan perempuan, melainkan semuanya akan di tata secara ketentuan yang berlaku. Dalam suatu perjalanan umroh akan dibentuk sebuah komunitas yang travel nya sudah ditentukan. Maka dalam suatu komunitas tersebut tidak boleh terpisah dari rombongan. Apabila terpisah maka, sesegera mungkin menghubungi kepala tour setempat dan memberitahukan secara detail agar tidak terjadinya halh-hal yang tidak di inginkan.