Puncak Mandeh Surganya Wisata Alam Sumatera Barat

 

https://www.andalastourism.com/

 

Puncak Mandeh juga dijuluki sebagai Raja Ampatnya, Sumatera Barat. Kawasan Mandeh ini merupakan sebuah perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan-gugusan pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Maka tidak heran jika kawasan Mandeh ini terkenal di Indonesia dan mancanegara.

Puncak Mandeh ini berbatasan langsung dengan Kota Padang dengan jarak tempuh 56 kilometer dari Kota Padang. Kawasan wisata Mandeh ini memiliki area yang sangat luas, yaitu sekitar 18.000 Ha yang diliputi oleh 7 desa dari 3 nagari yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai seorang nelayan, bertani dan beternak.

Saat berada di dataran tinggi Puncak Mandeh ini, kamu bisa melihat beberapa gugusan pulau seperti, Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Pulau Pagang, Pulau Ular, Pulau Bintangor, dam Pulau Marak yang berdamping dengan Pulau Sikuai.

Saat memasuki wilayah ini, kamu bisa masuk melalui dua gerbang yaitu jalan darat dan laut. Bila ingin menggunakan jalur darat, kamu bisa memasuki jalan alternative yang terbagi atas 3 bagian yaitu Pasar Tarusan melalui simpang carocok dan melalui Bungus terus ke Sungai Pinang dan ketiga melalui Sungai Nyalo. Sementara jika menggunakan jalur laut, kamu bisa naik kapal atau boat yang masuknya dari pelabuhan Bungus.

Tapi, saat ini kamu sudah bisa melalui jalur alternative lainnya melalui ruas jalan baru yaitu melewati Carocok lalu menyusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai, sepanjang 12,5 kilometer. Berikut daya tarik wisatawan lokal maupun Internasional saat berada di Puncak Mandeh.

 

Disuguhi oleh Keindahan Panorama dari Ketinggian

Saat wisatawan berkunjung dan berada di lokasi ini, mereka bisa menhaksikan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian, berupa Teluk Carocok Tarusan, Sumaters Barat. Saat berada di atas puncak dan ketinggian, kamu akan banyak mendapatkan spot-spot terbaik untuk mengabadikan beberapa momen ke sosial media, yang dihiasi oleh pantai dan bukit yang berkeliling di sepanjang pantainya.

Puncak Mandeh juga merupakan spot terbaik ketika akan menyaksikan Sunset pada sore hari. Hamparan perairan luas yang berwarna biru serta pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya, bila matahari terbenam akan memberikan nuansa yang berwarna Jingga hingga siluet yang sangat cantik dan sejuk.

 

Berdekatan dengan Pulau Cubadak

Seperti yang harus kamu ketahui, Puncak Mandeh berdekatan dengan destinasi wisata lainnya salah satunya yaitu Pulau Cubadak yang juga menjadi salah satu pulau yang berada di Sumatera yang masih alami, segar, dan jauh dari polusi udara.

Pulau Cubadak yang dikelilingi oleh pulau hijau yang sangat lebat, memiliki udara sejuk dan angin yang berhembus hingga membuat suasana menjadi rileks dan tenang. Selain itu, pasir putihnya juga sangat cantik dan bersih dan airnya yang menyegarkan bisa membuat kamu dijamin sangat betah.

Untuk wisatawan yang ingin menginap, tentu pulau Cubadak memiliki tempat penginapan yang bertemakan tradisional di bangunannya. Dengan adanya tema tersebut, menimbulkan ketertarikan wisatawan dari berbagai daerah dan negara untuk mencoba sensasi tidur pada bangunan tradisional layaknya berada pada zaman dahulu.

Tidak hanya itu, Pulau Cubadak juga berdekatan dengan wisata alam lainnya seperti Sungai Gemuruh yang ditumbuhi dan dihiasi oleh hutan bakau yang hijau, dan bisa kamu telusuri dengan perahu.

 

Sebetulnya masih banyak lagi lainnya destinasi wisata yang ada di Wilayah Puncak Mandeh, Sumatera Barat. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!