Perlengkapan Peralatan Yang Diperlukan Untuk Touring

 

Persiapan, perlengkapan, dan peralatan touring sangat diperlukan ketika anda berencana melakukan destinasi perjalanan yang cukup jauh baik menggunakan sepeda motor maupun kendaraan bermobil. Tentu saja touring tersebut akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dengan rekan komunitas, keluarga, partner, kerabat, sahabat, maupun keluarga anda.  Persiapan tersebut tentu saja meliputi banyak hal yang harus diperhatikan yaitu mulai dari peralatan apa saja yang harus dibawa, kesehatan tubuh (persiapan diri) bekal selama dalam perjalanan, obat-obatan hingga kelengkapan kendaraan pribadi anda.

Mengapa demikian? Karena hal tersebut sangat penting diperhatikan untuk komunitas para komunitas yang akan melakukan touringn yang akan sangat membantu agar perjalanan anda terasa lebih aman dan nyaman. Berikut ini adalah persiapan touring yang harus Anda perhatikan sebelum berangkat :

 

1. Mengecek Kendaraan Pribadi

 

 

Jika kamu dan keluarga akan melakukan perjalanan yang cukup jauh, harap terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan. Tentu saja langkah awalnya adalah memperhatikan Aki kendaraan, Kaki-kaki kendaraan, Ban Kendaraan, Oli, dan Air Radiator pada kendaraan. Jika semua sudah di anggap aman maka perjalanan jauh pun akan terasa lebih aman tanpa kendala.

 

2. Membawa Kunci-Kunci Kendaraan

 

 

Pada setiap kendaraan yang anda miliki tentunya kendaraan anda sudah dipersiapkan dengan Kunci-Kunci perkakas kendaraan. Kunci-kunci kendaraan tersebut lebih baiknya jangan sampai tercecer atau bahkan tertinggal. Karena akan sangat dibutuhkan bila kendaraan anda mengalami kerusakan mendadak secara signifikan.

 

3. Membawa Cadangan Busi

 

 

Pada kendaraan bermotor, tentu saja busi juga hal penting yang harus diperhatikan. Busi yang aman adalah  apabila busi tersebut tidak rusak atau bahkan tidak terlalu panas. Tetapi jika sebaliknya maka busi tersebut sangat perlu untuk diganti dengan busi cadangan yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

 

4. Membawa Tanda Pemberhentian Kerusakan Darurat 

 

 

Untuk kendaraan bermobil yang mengalami kerusakan secara mendadak tentu saja sangat diperlukan adanya Tanda Segitiga Pengaman mobil, karena dengan adanya benda tersebut maka akan memberikan tanda Allert kepada pengendara lain yang sedang melintas  bahwa anda sedang mengalami kerusakan (mogok) yang cukup serius. Sehingga anda akan sedikit lebih konsentrasi untuk melakukan pengecekan dan memperbaiki kerusakan.

 

5. Kotak Peralatan P3K

 

 

Hal terpenting lainnya adalah membawa peralatan P3K. P3K ini meliputi obat-obatan, antiseptik pembersih luka, cairan obat merah, plester luka, perban, kapas, minyak kayu putih, antimo, alkohol, salep pereda nyeri, dan anti nyamuk. Tentu saja ini sangat dibutuhkan untuk pertolongan pertama anda dalam berkendara jika terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu anda atau rekan touring anda yang lainnya sangat diwajibkan untuk membawa peralatan ini. 

 

 

6. Kondisi Tubuh Yang Sehat

 

Sebelum anda bepergian tentu saja anda akan memastikan kondisi tubuh anda benar-benar sehat (sedang tidak sakit). Karena jika ingin melakukan perjalanan yang dirasa cukup jauh maka tubuh akan mengeluarkan banyak tenaga dan energi. Maka dari itu sebelum bepergian,  terlebih dahulu anda pastikan kesehatan tubuh anda benar-benar tidak terganggu. Bekendara pun akan terasa lebih nyaman dan aman serta selamat hingga ke tujuan.

 

7. Istirahat Yang Cukup

 

 

Ketika anda telah sampai di rest-area atau tempat tujuan, maka lebih baik lakukan istirahat terlebih dahulu. Guna untuk memberikan kesegaran dan mencharge kembali tubuh anda yang sudah terasa lelah. Jika terasa mengantuk maka berhenti lah terlebih dahulu kemudian istirahat kurang lebih 1 jam. Sehingga setelah itu untuk kembali melanjutkan perjalanan anda sudah berada dalam kondisi yang Fit dan Segar.