Keindahan Goa Batu Cermin Labuan Bajo yang Menarik Para Wisatawan

 

 

Goa Batu Cermin ini pertama kali ditemukan pada tahun 1951 oleh seseorang Archaeology yang merupakan seorang Pastor Belanda yang bernama Theodore Verhoeven. Goa ini berada dibawah permukaan laut yang kemudian muncul ke permukaan darat yang membuat warga sekitar mempercayai tempat ini sebagai destinasi wisata yang bisa membanggakan wilayah Indonesia bagian Timur, Labuan Bajo ini. Dengan ditemukannya goa ini pertama kali, tentu akan menjadikan wilayah Labuan Bajo merupakan sebagai destinasi wisata yang paling banyak masuk dalam daftar list para traveler lokal maupun mancanegara. Labuan Bajo tidak hanya memperkenalkan laut, dan pulau-pulau yang cantik saja, namun juga menyuguhkan pemandangan goa yang sangat Indah dan sulit untuk dilewatkan ini.

Goa Batu Cermin ini terdapat di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang telah dibuka kembali untuk wisatawan. Goa ini merupakan spot wisata yang paling menakjubkan yang bisa kamu kunjungi di Indonesia bagian Timur. Goa Batu Cermin ini tentu juga bisa menjadi destinasi liburan bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata lain pantai, dan gunung. Akses menuju goa ini mudah dijangkau karena tersedia angkutan umum yang akan mengantarkan kamu dari Bandara Komodo Labuan Bajo hingga menuju goa tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan taksi hingga ojek yang tersedia untuk menuju lokasi unik yang satu ini. Jika kamu ingin melakukan tracking yang bisa kamu lakukan dengan berjalan kaki sambil menikmati keindahan alam sekitar hingga sampai ke lokasi. Disini ada beberapa pilihan untuk kamu bisa berburu spot-spot foto yang keren sehingga membuat dokumentasi atau kenang-kenangan kamu semakin cantik.

Disini, kamu bisa menemukan beberapa fosil seperti binatang laut yang cantik. Goa ini juga merupakan goa Favorit  bagi wisatawan yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan luas 19 hektar. 

Goa Batu Cermin ini diberi nama cermin karena, dinding-dinding yang terdapat pada goa memantulkan cahaya seperti cermin. Hal tersebut dikarenakan dinding goa mengandung banyak garam yang terpapar dari aliran air laut yang berada di sekitar pinggiran pantai.

Karena tempatnya yang luas dan memiliki nuansa goa yang eksotis dan menakjubkan pada tiap dinding tebingnya, maka disarankan bagi wisatawan tidak berkunjung sendirian, biasanya kamu akan ditemani oleh seorang pemandu wisata profesional di dalamnya. Hal ini karena goa tersebut memiliki kedalaman hingga 20 meter. Tidak hanya siang hari, goa ini sudah ramai pengunjung sejak pagi hari. Untuk sampai ke tempat ini akan memakan waktu sekitar 4 jam dari Labuan Bajo. Meski memakan waktu yang cukup panjang, namun sepanjang perjalanan akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Untuk jam operasionalnya sendiri, destinasi ini dibuka setiap hari mulia pukul pukul 09.00 hingga pukul 22.00. Untuk biaya masuknya sendiri Rp 10.000 dan juga Rp 20.000 untuk biaya tour guide.

Disini, kamu juga harus membayar retribusi resmi ketika datang ke goa eksotik ini. Retribusi ini nantinya sudah termasuk dengan alat keaman seperti helm yang harus kamu gunakan ketika memasuki goa. Sementara itu, untuk menyewa guide kamu juga harus membayar biaya tambahan. Pastikan kamu selalu mematuhi perkataan guide yang akan menuntun perjalanan kamu dan memakai alat keamanan yang disarankan selama berada di dalam Goa Batu Cermin ini. 

 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai wisata Goa Batu Cermin di Labuan Bajo ini, semoga membantu, ya!