Fakta Unik Bangladesh di Mata Dunia

https://id.pinterest.com/

 

Bangladesh merupakan Negara yang terletak di Asia Selatan, Delta, Sungai Padma (Gangga) dan Yamuna (Brahmaputra) di bagian timur laut anak benua India. Bangladesh juga merupakan salah satu negara terpadat di dunia, dengan penduduknya sebagian besar beragama Muslim.

Wilayah tersebut pernah terbentuk menjadi wilayah bersejarah di Bengal, dan menjadi Negara bagian Benggala Barat di India, Provinsi Benggala, British India pada tahun 1947 dimana negara tersebut menjadi Provinsi Benggala Timur Pakistan Timur, salah satu dari lima provinsi Pakistan di wilayah India, dan pada tahun 1971 menjadi negara merdeka Bangladesh, dengan ibu kota nya Dhaka.

Bangladesh berbatasan dengan negara bagian Bengal Barat di India barat dan utara, Assam di utara, Meghalaya di utara dan timur laut, serta Tripura dan Mizoram di timur. Dan di sebelah tenggara, berbatasan dengan Myanmar (Burma) lalu, bagian selatan Bangladesh membuka ke Teluk Benggala.

Sebetulnya sangat banyak fakta-fakta unik yang bisa kalian temukan di Negara Bangladesh tersebut, berikut uraiannya:

1. Sejarah

Sebelum memasuki pemerintahan saat ini, Bangladesh memiliki sistem kekerajaan Gangaridai pada mula asalnya. Gangaridai mulai dibentuk pada abad ke-7 sebelum masehi. Kerajaan ini selanjutnya disatukan dengan Bihar yang berada di bawah kekaisaran Magadha, Nanda, Maurya, dan Sunga.

Asal muasal kata Bangladesh diambil dari “Bangla” atau “Benggala” yang berasal dari suku berbahasa Dravidia yang berada di wilayah tersebut sekitar tahun 1000 sebelum masehi. Benggala kemudia menjadi bagian dari Kekaisaran Gupta dan Harsha dari abad ke-3 hingga abad ke-6.

Namun, saat Kekaisaran tersebut berlangsung dan jatuh, Shashanka mulai mendirikan sebuah kerajaan yang dianggao sebagai raja Indpenden pertama dalam sejarah Bangladesh.

Saat mengalami beberapa periode yang sedikit anarkis, penduduk beragama Buddha mulai menguasai wilayah ini selama 400 tahun, sebelum digantikan menjadi beragama Hindu, kemudian Islam masuk ke Benggala pada abad ke-12 melalui pedangan Arab yang berada disana.

Penduduk muslim yang ada di wilayah tersebut juga membantu penyebaran agama Islam, kemudian pada abad ke-15 datanglah pedagang Eropa yang berkembang hingga memasuki Perusahaan Hindia Timur, Britania yang menguasai Benggala usai terjadinya Pertempuran Plassey pada tahun 1757.

2. Pemerintahan

Sistem pemerintahan yang dimiliki oleh Negara Bangladesh adalah demokrasi parlementer. Di Bangladesh, kepala negara dipimpin oleh presiden, namun sistem dalam pengendalian pemerintahannya dipegang oleh Perdana Menteri, yang juga merupakan seorang kepala pemerintahan yang berlaku.

Bangladesh juga menerapkan sistem pemilihan presiden yang dipilih oleh badan legislatif setiap 5 tahun sekali, dan memiliki kekuasaan terbatas. Perdana menteri yang dipilih juga ditunjuk oleh presiden pada saat pemilihan serta harus menjadi bagian darui anggota parlemen dan mendapat wewenang terhadap mayoritas anggota parlemen. Presiden yang mengangkat perdana menteri, kemudian membentuk beberapa kabinet.

Saat itu, Jatiyo Sangshad yang merupakan seorang Parlemen dipilih secara langsung oleh rakyat melalui suara terbanyak dari konstitusi wilayah itu sendiri untuk mulai menduduki masa jabatannya selama 5 tahun yang ditulis pada tahun 1972, dan telah mengalami 14 amandemen. Hak pilih tersebut juga berlaku untuk keseluruhan warga negara Bangladesh yang sudah memasuki usia 18 tahun.

Hukum lainnya yang berlaku di negara tersebut juga dibuat berdasarkan parlemen yang merupakan wewenang dan turunan dari badan konstitusi. Bangladesh juga menerapkan peradilan tinggi yang dipegang oleh Mahmakah Agung.

3. Kependudukan

Penduduk Bangladesh sebagian besarnya adalah Bengali, yang merupakan suatu istilah yang menggambarkan kelompok bahasa dan etnis. Secara historis, penduduk Bengali memiliki asal yang beragam yang bermula dari sebuah komunitas yang memasuki wilayah tersebut selama berabad-abad lamanya.

Sebuah kelompok yang menetap di daerah ini adalah orang-orang Vedda, yang menurut ahli etnologi mereka diikuti oleh orang-orang dari Mediterania, sehingga berbicara dengan menggunakan bahasa Indo-Eropa.

Sedangkan untuk Non-Bengali, mereka terdiri dari kelompok pribumi yang merupakan sebagian kecil dari populasi. Daerah yang paling jarang dihuni di negara ini yaitu, Bukit Chittagong di wilayah bagian Tenggara.

4. Taman Satwa Liar

Negara Bangladesh, memiliki banyak spesies satwa liar, beberapa diantaranya berjumlah hingga 100 spesies mamalia seperti Gajah, yang hidup di kawanan sebanyak hampir 100 ekor, di wilayah timur laur Sylhet, Chittagong Hill Tracts, sebagaimana populasi tersebut telah berkurang secara signifikan sejak awal abad ke-10.

Kemudian, ada beberapa kerbau peliharaan yang digunakan untuk perkembangan petanian seperti membajak sawah dan menarik gerobak. Kijang, Samba, Rusa Totol, Harimau, dan Macan Tutul juga terdapat di Bangladesh yang juga dihuni oleh ratusan spesies Burung.

5. Kuliner

Kuliner yang menjadi ciri khas dari negara Bengali ini adalah hidangan tradisional, Chotpoti yang terdiri dari buncis dan kentang dengan potongan dadu, disajikan dengan saus asam. Tambahan khas lainnya juga termasuk bawang, telur rebus, irisan irisan cabai hijau, dan mint segar atau daun ketumbar, sedangkan sausnya biasanya dibumbui dengan jinten dan bubuk cabai, yang menjadi cemilan favorit sehari-hari dan terkenal dengan hidangan makan yang bersifat umum.

6. Pariwisata

Bangladesh memiliki destinasi wisata seperti, Benteng Lalbah yang dibangun oleh Shaista Khan, dalam keadaan setengah jadi. Pembangunan tersebut diterapkan seperti itu, karena mereka mempercayai bahwa benteng ini telah dikutuk. Maka, hingga saat ini benteng tersebut tetap indah dan menjadi destinasi wisata.

Selanjutnya, Bangladesh juga memiliki bangunan istana megah dengan warna merah muda yang indah, yang bernama Ahsan Manzil. Dahulunya, istana ini menjadi tempat tinggal dari Keluarga Dhaka Nawab. Karena bangunan berwarna merah muda yang lembut dikenal sebagai pink palace. Bangunan ini berdiri di tepi Sungai Buriganga, sehingga menjadi incaran wisata instagrammable di Bangladesh. Istana ini sudah berdiri sejak 1859.

Selain itu wisata yang terkenal adalah Pulau St Martin, merupakan nama sebuah pulau yang memiliki pantai dengan hamparan pasir terpanjang di dunia yaitu,  Cox’sBazar. Tak heran kalau objek wisata ini merupakan salah satu primadona wisata di Bangladesh. Menariknya, pantai ini hanya dapat dikunjungi saat musim dingin di Bangladesh.

 

Nah, itulah beberapa fakta hal unik dan menarik negara Bangladesh, yang tidak terlalu banyak diketahui orang. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!