Destinasi Wisata Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022

 

https://www.archdaily.com/

 

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 resmi digelar di Qatar. Kompetisi pertandingan sepak bola itu akan berakhir pada 18 Desember 2022. Pertandingan ini melibatkan 32 negara yang siap bersaing dalam kompetisi yang diselenggarakan ke-22 kalinya itu untuk merebut piala emas. Ajang sepak bola yang diadakan setiap empat tahunnya ini tentunya dimeriahkan sejumlah pemain bintang dunia, seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Karim Benzema.

Ajang Piala Dunia ini juga dikatakan sebagai kompetisi termahal sepanjang sejarah Piala Dunia. Qatar yang menjadi bagian dari negara Timur Tengah ini dipercaya untuk menjadi tuan rumah saat ini. Mereka mempersiapkan segalanya untuk menjamu tamu yang datang dengan berbagai macam pembangunan dan renovasi stadion hingga menjadi sempurna.

Tentu saja dengan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia saat ini, bisa lebih menaikkan pamor negaranya untuk kunjungan wisatawan mancanegara.  Nah, membahas destinasi wisata yang ada di Qatar, berikut akan kami rekomendasi dalam beberapa rangkuman, simak ya!

 

MUSEUM ART OF ISLAM

 

http://www.flickr.com/photos/

 

Museum Art of Islam ini merupakan salah satu tempat yang paling terkenal di Qatar. Sebelumnya museum ini sempat ditutup untuk umum, namun saat akan digelarnya Piala Dunia museum ini pun dibuka kembali setelah dilakukan renovasi dengan biaya yang cukup fantastis, dan berselang hanya 18 bulan. Museum ini memiliki rancangan arsitektur bangunan yang dimenangkan oleh Pritzker Prize, yaitu mendiang I.M Pei.

Museum ini memiliki konsep artefak khas Islam dari abad ke-14 di seluruh dunia. Seni artefak Islam ini menjadi ciri khas negara Qatar sebagai salah satu negara terkaya di wilayah Arab. Lokasi Museum ini berada di kawasan di tepi laut Doha. Museum ini di klaim sebagai museim dengan seni Islam terbesar yang ada di dunia. Museum ini juga kerap mengadakan beberapa pameran karya seni. Biasanya jadwal pameran ini akan diberitahukan pada situs resmi Museum Ar of Islam. Tentu lokasi ini menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai negara.

 

SOUQ WAQIF

 

http://qatarism.tumblr.com/

 

Jika banyak dari kalian sebelumnya tidak mengetahui Ibu Kota negara Qatar ini, maka Souq Waqif adalah jawabannya. Souq dalam bahasa Arab memiliki arti, yaitu pasar. Tetapi pada tahun 2004 Pemerintahan Qatar saat itu memutuskan untuk merenovasi pasar ini hingga menjadi pusat perbelanjaan sampai saat sekarang ini.

Souq Waqif ini memiliki pasar yang selalu ramai dikunjungi oleh penduduk setempat maupun wisatawan lokal untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari hingga membeli oleh-oleh. Tidak hanya itu, pasar ini juga menyediakan beberapa pilihan tempat makan, resto dan kafe untuk sekedar beristirahat sambil menyantap makanan. Dahulu, lokasi ini merupakan sebuah tempat persinggahan untuk para pengembara yang ingin mengambil hasil wol untuk kembali diperjualbelikan,

 

KAMPUNG QATARA

 

https://www.enampagi.id/

 

Kampung Katara atau desa Katara ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang gemar dengan sepak bola. Lokasi ini juga merupakan salah satu tempat yang terkenal dengan pembuatan produksi musik dan film. Studio rekaman dan produksi film yang ada di Katara, dipercayai untuk pembuatan soundtrack Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar saat ini. Soundtrack piala dunia yang dikolaborasikan dengan artis BTS terkenal, Jungkook itu berjudul Dreamers. Soundtrack ini pun kemudia diputar untuk pertama kalinya pada Minggu dini hari waktu Qatar, yaitu pukul 12.00 WIB.

Untuk memeriahkan kompetisi Piala Dunia 2022 ini, Katara pun mengadakan berbagai kegiatan yang dimulai pada 18 November, bagi pengunjung dari segala penjuru dunia. Katara yang mengadakan acara budaya, juga memerankan pameran alat musik Angklung, yang berasal dari negara Indonesia.

 

LUSAIL, STADION QATAR

 

http://www.colombia.com/

 

Berikutnya, Lusail merupakah sebuah kota yang patut untuk dikunjungi selama berada di Qatar. Lusail, berasal dari nama bunga langka yang asal muasalnya tumbuh di wilayah tersebut, hingga menjadi simbol nama kota tersebut. Dahulunya, kota ini hanya hamparan padang pasir yang luas yang dikelilingi oleh bebatuan. Sekarang, kota ini memiliki sebuah stadion dengan arsitekur mewah dengan fasilitas yang lengkap dan modern. Berita Euro mengatakan bahwa untuk membangun stadion yang mewah ini membutuhkan waktu hingga 20 tahun lamanya.

Pengunjung yang berada di lokasi ini bisa berkeliling di area tersebut dengan menggunakan becak yang didesain unik dan modern. Fasilitas umum yang disediakan juga sudah mulai memadai untuk menjadi smart city, seperti terdapat Lintas Rel Terpadu (LRT) dan trem. Bahkan hingga sekarang, kota ini juga ramah untuk penduduk dan pengunjung untuk berjalan kaki.

 

Sebetulnya, masih banyak lagi destinasi wisata yang berada di Qatar, namun rangkuman kali ini merupakan destinasi wisata umum yang paling banyak digemari oleh wisatawan dari mancanegara. Tertarik untuk datang ke Qatar?