Destinasi Wisata Danau Terbesar yang Ada di Dunia

 

 

Kebanyakan orang, pasti sudah mengetahui wisata Danau yang ada di beberapa wilayah ada di Indonesia. Namun, kali ini kita akan membahas penampakan danau yang ada di seluruh dunia dengan pemandangan alam yang indah, bahkan beberapa diantaranya diklaim sebagai danau terbesar di dunia, diukur berdasarkan volume, luas permukaan, dan kualifikasinya. Danau-danau ini  juga termasuk dalam destinasi wisata yang digandrungi oleh traveler di seluruh dunia. 

Danau merupakan badan air alami berukuran besar yang dikelilingi oleh daratan dan tidak berhubungan dengan aliran laut, kecuali melalui sungai. Biasanya danau memiliki kedalaman yang cukup dalam dengan tekanan air yang kencang namun tenang pada permukaan nya. Membahas dengan lanjut, dimana saja danau terbesar yang ada di dunia? Simak, rangkuman berikut.

 

1. Danau Caspian Sea

Caspian Sea atau laut Kaspia merupakan danau terbesar yang ada di dunia. Danau tersebut memiliki luas 371.000 km2. Danau ini berada di antara benua Eropa dan benua Asia yang diapit oleh sekeliling daratan. Danau ini juga berbatasan dengan Rusia, Kazakhstan, Azerbaijan, dan Turkmenistan. Danau ini juga terkenal dengan airnya yang sangat asin, karena dulunya danau ini pernah menjadi bagian dari laut Para Thetys kuno, dan memiliki spesies kaviar yang menakjubkan dan industri minyak yang berlebih, sehingga membuat danau Kaspia ini menjadi populer beserta dengan keindahan alamnya.

 

2. Danau Superior

Danau Superior merupakan danau air tawar terbesar yang ada di dunia dengan luas 82.000 km2. Diukur berdasarkan luas permukaan, luas volume, dan kedalaman yang memiliki suhu terdingin melebihi perairan yang di Amerika bagian Utara. Air danau ini mengalir menuju perairan Great Lakes yang biasa dilintasi ketika pengangkutan material dan barang-barang.

Selain itu, danau superior juga merupakan danau terbesar di Kanada yang berbatasan dengan  negara bagian Minnesota, Wisconsin, dan Michigan di Amerika Serikat. Walaupun danau ini memiliki air tawar yang sejuk, tidak disarankan untuk berenang di area ini. Karena danau ini memiliki tingkat bahaya yang besar, karena kedalamannya yang lebih dari 400 meter dan juga rentan terhadap gelombang-gelombang pasang. Biasanya para wisatawan hanya menikmati beberapa pemandangan danau ini dari kejauhan, agar tidak berakibat fatal.

 

3. Danau Victoria

Baru-baru ini, terjadi kecelakaan pesawat Komersial Tanzania, yang memakan korban sebanyak 11 orang. Danau Victoria yang berada di Afrika ini memiliki luas 68.870 km2, yang tersebar di Tanzania, Uganda, dan Kenya, menjadi danau tropis dan danau air tawar terbesar ke-2 berdasarkan luas permukaan, dan kedalaman volume airnya.

Nama danau ini diambil setelah Ratu Victoria Inggris pertama kali mendokumentasikan mata air ini pada tahun 1850-an, katanya danau ini juga tercatat sebagai danau yang paling berbahaya yang ada di dunia. Banyak nya kasus kematian yang marak terjadi ditempat ini, bahkan beberapa waktu silam yang diakibatkan oleh cuaca yang berubah-ubah dan bintik hitam, serta banyaknya spesies buaya yang beredar di sekitar ini.

 

4. Danau Huron

Danau Huron memiliki luas 59.600 km2. Danau ini membentang lebih dari 3.800 mil dan garis pantai yang merupakan garis terpanjang dari 30.000 pulau yang tercakup di dalamnya. 

Danau Huron ini sangat terkenal dengan banyaknya bangkai kapal yang ditemukan di dalam perairannya.Kebanyakan ribuan kapal yang melintasi danau ini, menjadi rusak hingga terdampar di pesisir pantainya bahkan di kedalaman perairannya. Danau ini juga menjadi Taman Laut Nasional Fathom Five yang menjadi tempat dari beberapa banyaknya bangkai kapal yang ada di dalamnya. Danau ini merupakan danau terbesar ke-4 yang ada di dunia dan terbesar ke-2 berdasarkan luas permukaan, terbesar ke-3 berdasarkan volumenya.

 

5. Danau Michigan

Danau Michigan ini memiliki luas sebesar 58.000 km2. Danau yang membentang hingga kedalaman maksimum 280 meter ini telah tersebar ke beberapa wilayah Michigan Timur hingga Barat. Danau ini memiliki sebagai Air Besar yang dimana danau ini memiliki danau terbesar ke-5 yang ada di dunia, di Amerika Utara. Danau Michigan juga merupakan danau terbesar kedua berdasarkan ukuran volume dan terbesar ketiga berdasarkan luas permukaannya. Disini, kalian juga harus berhati-hati jika ingin mengunjunginya, karena tidak hanya garis pantainya saja yang rentan terhadap arus yang terjal, namun juga memiliki pusaran lubang yang sangat dalam.

 

Nah, itulah beberapa wisata danau yang bisa kamu ketahui serta menjadi tujuan destinasi wisata jika berkunjung ke salah satu negaraa tersebut.