Destinasi Wisata Air di Sukabumi yang Wajib Kamu Kunjungi

 

 

Apakah kalian termasuk salah satu penghuni yang berada di Sukabumi? atau memang sedang berada di Sukabumi untuk keperluan pekerjaan dan berbagai macam hal lainnya. Jika iya, maka jangan lupa untuk mampir ke berbagai lokasi wisata menarik yang ada disana, ya. Khususnya untuk kalian yang menyukai wisata alam perairan, karena di Sukabumi pilihan wisata air dan curug yang indah sangatlah banyak ditemukan.

Lalu, wisata Sukabumi mana saja yang menjadi salah satu tempat favorit dan menarik untuk kamu kunjungi? Berikut akan kamu rangkumkan beberapa pilihan wisata air Sukabumi yang bisa kamu kunjungi bersama teman ataupun keluarga. Yuk, simak berikut daftar destinasinya.

 

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa yang merupakan salah satu wisata air yang ada di Sukabumi ini, bisa kamu nikmati dari atas maupun bawah. Curug Cigangsa terdiri dari 3 tingkatan air terjun yang mengaliri tebing yang bertingkat, membuat pemandangan curug semakin cantik, elok, dan seru untuk dinikmati. Saat berada di Curug Cigangsa ini, kalian bisa menemukan spot-spot pemandangan lainnya yang tidak kalah seru dan cantiknya dari air terjun seperti area sawah hingga pepohonan yang rindang. Namun saat berada disini, kalian juga harus hati-hati dan menjaga keseimbangan saat berada di atas bebatuan air terjun yang cukup licin. Jangkauan perairan yang ada disini juga jangan melewati batas yang sudah ditetapkan.

Jika kalian ingin berkunjung ke curug di Sukabumi yang satu ini, kalian bisa langsung mengarahkan transportasi kalian ke Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Sukabumi.

 

Curug Sawer

Curug Sawer merupakan salah satu wisata air terjun favorit di Sukabumi dengan adanya jembatan yang iconic. Wisata alam yang kaya pesona berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Air terjun yang eksotis ini sangatlah cocok untuk para wisatawan yang ingin berlibur sembari melepas penat. Kamu dapat merasakan ketenangan dan panorama yang indah luar biasa. 

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 1.025 meter di atas permukaan laut, Curug Sawer ini tidak hanya memiliki pemandangan yang luar biasa, tetapi juga kebersihan yang terjaga. Wisatawan tidak perlu khawatir karena pengelola dan pengunjung bekerja sama dalam menjaga kelestarian alam wilayah Taman Nasional ini. Dengan bebatuan yang menghiasi air terjun hingga aliran sungai Cigunung menambah daya eksotis tempat ini. Tidak hanya itu, wisatawan juga disuguhkan dengan panorama gunung yang luar biasa yang dapat dinikmati ketika akan menyebrangi jembatan yang eksotis memberi tambahan daya tarik pengunjung.

Jika merasa lapar, kalian juga bisa langsung menuju ke berbagai pilihan warung jajanan untuk mengisi perut yang keroncongan setelah cukup berjalan-jalan mengitari Curug Sawer yang indah.

 

Curug Awang

Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan lebarnya 60 meter. Dengan memiliki lebar seperti itu, Curug Awang sering disebut sebagai Niagara Falls nya Pulau Jawa.

Geopark Ciletuh berada di Kabupaten Sukabumi, berada tepat di sebelah selatan Pantai Pelabuhan Ratu. Tempat ini telah diakui secara resmi oleh UNESCO merupakan bagian dari geopark dunia.Geopark sendiri adalah kepanjangan dari Geological Park jika diartikan kedalam bahasa Indonesia menjadi Taman Geologi atau Taman Bumi. Maksudnya ialah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi yang memiliki nilai Arkeologi, Ekologi, dan Budaya, yang dimana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi dari warisan alam tersebut.

Keindahan Geopark Ciletuh menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk selalu berdatangan, dan menikmati berbagai macam tempat wisata yang tersaji. Salah satunya ialah Curug Awang, yang dimana perjalananmu tidak akan lengkap jika belum mengunjungi Curug Awang.

Untuk menuju Curug Awang kamu akan melalui jalanan Geopark Ciletuh yang beraspal dan mulus. Namun setelah kamu akan mulai memasuki area Curug Awang jalanan yang akan kamu lalui akan penuh dengan tantangan. Jalanan yang masih berupa tanah dan bebatuan yang cukup besar, sehingga membuat kamu sedikit bergoyang-goyang ketika melewatinya.

Kamu hanya perlu berjalan sekitar 5 sampai 6 menit untuk berada di bagian atas Curug Awang. Jika kamu ingin melanjutkan ke Curug Awang dibagian bawah, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan yang ada.

 

Curug Cikaso

urug Cikaso adalah salah satu objek wisata alam yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. Tempat wisata ini menyuguhkan air terjun dengan kawasan di sekitar curug yang masih sangat alami nan asri. Curug Cikaso ini terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi tebing dimana di bawah air terjun ini terdapat kolam dengan warna air hijau kebiru-biruan. Curug Cikaso berlokasi di daerah Desa Ciniti, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 meter. Aliran air di kolam ini berlanjut mengalir ke Sungai Cikaso hingga menuju muara dekat Samudra Hindia. Kolam tersebut juga dapat digunakan untuk berenang, tetapi adanya pengawasan penjaga dikarenakan kedalaman kolam ini mencapai 15 meter.

Nah, itulah destinasi wisata air yang ada di Sukabumi, sangat indah bukan?