Cara-cara Mudah Mengatasi Mabuk Perjalanan

 

 

Kamu sudah berencana untuk traveling bersama keluarga atau teman? namun, ternyata kamu tidak terbiasa dengan suasana kendaraan dan aroma-aroma khas dari dalam mobil yang menyebabkan timbulnya rasa mual dan pusing selama dalam perjalan.

Tentu dengan adanya kejadian tersebut, membuat hari-harimu terasa tidak menyenangkan bukan? karena bisa jadi energimu sudah habis duluan sebelum sampai ke destinasi yang kamu tuju. Alhasil liburan yang tadinya akan terasa menyenangkan namun kamu harus istirahat dan terkapar saking lemasnya.  

Walaupun mabuk dalam perjalanan bukan merupakan suatu yang kritis, namun cukup membuat kamu merasa tidak nyaman setiap kali melakukan destinasi perjalanan yang cukup panjang. Berikut tips mudah untuk mengatasi rasa mabuk selama berada dalam perjalanan.

 

Tips Atasi Mabuk Perjalanan

 

1. Memperhatikan Asupan Makanan dan Energi Sebelum Berangkat

 

Sebelum kamu dan keluarga berencana traveling ke sebuah destinasi wisata yang akan kamu tuju, kamu harus memperhatikan asupan makanan terlebih dahulu. Karena ketika melakukan perjalanan yang jauh, tubuh akan sangat menyesuaikan dengan kondisi asupan yang cukup.

Caranya, kamu harus menghindari makanan pedas, jangan terlalu berlemak dan berat. Kemudian minumlah air secukupnya dan jangan berlebihan. Hindari minuman yang mengandung soda dan alkohol karena akan membuat perut terasa penuh dan kembung.

 

2. Hindari Memakan Buah-buahan Yang Menyengat

 

Buah yang menyengat seperti durian, nangka hutan, dan lainnya akan membuat perjalanan jauh mu menjadi buruk. Karena bila kondisi tubuhmu tidak cukup untuk menyeimbangi destinasi perjalananmu, maka akan menyebabkan rasa mual, pusing dan ingin muntah secara tiba-tiba. Tentu kamu harus mencegah hal tersebut agar tidak terjadi. 

Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi buah-buahan, kamu bisa mencoba buah apel, semangka, melon, dan pisang terlebih dahulu untuk menemani perjalananmu. Karena akan menambah kesegaran pada tenggorokan, dan memperbaiki pencernaan mu agar tidak mules selama di perjalanan.

 

3. Sediakan Minuman Air Putih Dingin

 

Bila kamu terasa mabuk saat di perjalanan, kamu bisa meneguk secukupnya air putih yang dingin. Karena, bisa mengurangi gejala mabuk selama berada di perjalanan. Hindari minum kopi atau kafein lainnya dan minuman yang mengandung soda terlalu manis, karena akan menyebabkan dehidrasi berlebihan dan memperparah rasa mual dan pusing pada kepala.

 

4. Bersandar Dengan Aman dan Nyaman

 

Saat kamu mulai merasakan adanya guncangan-guncangan kecil yang membuat kepala menjadi pusing, maka carilah posisi duduk senyaman mungkin dengan cukup memberikan sandaran yang tidak terlalu tegak pada kepala. Kemudian rebahkan punggung senyaman mungkin pada sofa mobil sambil mengatur posisi sedikit rendah dan tidak terlalu tegak, sambil memperhatikan jalan dan menghentikan kesibukan yang lain.

 

5. Membawa Perlengkapan P3K dan Minyak Angin

 

Penting sekali bagi kamu untuk menyediakan beberapa perlengkapan kesehatan dan minyak angin untuk mengatasi rasa pusing dan mual selama dalam perjalanan. 

Ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh, kamu akan rentan masuk angin yang menyebabkan kepala terasa berat dan perut menjadi kembung. Langkah awal yang kamu lakukan bisa dengan membawa selimut penghangat, kaos kaki, dan obat-obatan seperti minyak angin. Kamu cukup oleskan ke beberapa titik sumber angin yang masuk melalui tubuhmu. Kemudian setelah hangat, kamu akan merasa jauh lebih baik dan berkurangnya rasa mual.

 

6. Memilih Posisi Tempat Duduk Yang Nyaman

 

Sebisa mungkin ketika mabuk, jika posisi duduk kamu tidak nyaman dan terhalang oleh pandangan orang yang berada di depan kamu, maka kamu bisa mengganti posisi duduk di sebelah jendela mobil. Maka dari itu kamu akan merasa lebih rileks dan tenang.

 

Nah, itulah beberapa cara yang dapat membantu kamu mengatasi rasa mabuk selama berada dalam perjalanan yang cukup jauh, semoga membantu ya