Budget Liburan 2 Minggu ke Eropa yang Harus Dipersiapkan

 

https://www.nato.int/

 

Untuk kamu yang berencana liburan ke Eropa selama dua Minggu tanpa menyewa travel agent memang terlihat sedikit meragukan, salah satunya adalah mengenai persoalan budget yang akan kita keluarkan agar tetap bisa berlibur tanpa harus menyewa paket tour.

Bila ingin melakukan liburan dengan peserta rombongan yang terdiri hanya dari 2-3 orang saja, kamu dapat mempersiapkan diri layaknya backpacker. Karena, budget yang dikeluarkan untuk liburan ke Eropa selama 2 Minggu perlu dipersiapkan dengan matang.

Namun, kamu harus perlu mengingat bahwa dengan berlibur ke Eropa tentu saja tidak hanya sekedar berwisata dan berlibur ke negara-negara bagian Asia saja. Hal yang paling mencolok perbedaannya adalah seperti budaya dan biaya hidup di negara tersebut yang tergolong cukup mahal, seperti negara Prancis dan Spanyol yang serba mahal. Nah, agar kamu mengetahui gambaran terkait budget liburan Eropa selama 2 minggu yang akan kamu bawa, berikut akan kami uraikan berbagai biaya yang diperlukan serta beberapa tips berwisata ke Eropa.

 

Langkah Awal yang Harus Kamu Persiapkan :

 

Visa

Hal pertama yang perlu kamu siapkan yaitu biaya untuk pembuatan visa. Di Eropa sendiri visa yang berlaku adalah Visa Schengen. Hampir semua negara di benua Eropa memberlakukan Visa Schengen satu ini. Misalnya saja, jika kamu ingin berlibur ke Negara Belanda, maka kamu bisa mengurus biaya Visa Schengen melalui kedutaan Belanda. Namun, jika kamu ingin mengurusnya saat berada di wilayah Eropa, harganya akan menjadi lebih mahal, namun perbedaannya tentu saja tidak terlalu jauh.

 

Tiket pesawat

Pada umumnya, tiket pesawat pulang pergi (PP) mempunyai harga yang berbeda-beda. Namun, bila terdapat promo, terkadang ada beberapa maskapai penerbangan dapat menawarkan tiket dengan harga yang lebih murah. Harga tersebut pun sudah termasuk tiket pulang pergi tanpa perlu melakukan transit. Tidak hanya itu, ada juga maskapai penerbangan lainnya yang memasangkan harga tiket promo yang jauh lebih murah dari harga normal. Maka, kamu harus pintar-pintar untuk memilih tiket pesawat dan maskapai penerbangan dengan harga promo.

 

Penginapan

Penginapan juga merupakan suatu hal paling penting untuk kamu persiapkan sebelum liburan ke Eropa. Karena, Eropa memiliki banyak tempat penginapan seperti hostel dengan harga per malamnya yang cukup terjangkau dan murah. Akan tetapi, jika kamu berlibur tidak di hari weekend, biasanya hotel tersebut akan membanderol harga kamar yang cukup terjangkau dari biasanya.

 

Makanan

Memilih makanan saat berkunjung ke Negara Eropa juga merupakan suatu hal yang penting. Karena, kamu perlu mengisi kembali stamina dan energi selama liburan yang cukup terkuras habis. Biasanya, ada jenis makanan yang harganya tergolong cukup murah, seperti salad dan roti. Namun, biasanya jika hanya mengonsumsi itu saja, kamu tidak akan merasa cukup kenyang. Maka dari itu, kamu bisa mencari tahu restoran yang menyediakan hidangan makanan khas Indonesia, dengan harga yang cukup terjangkau.

 

Transportasi

Transportasi juga merupakan hal terpenting untuk kamu ketahui saat ingin liburan ke Eropa. Biasanya setiap kota yang ada di Eropa menawarkan sistem day pass pada turis-turis hingga 5 hari kedepan. Day Pass tersebut bisa kamu manfaatkan untuk berkeliling seluruh kota dengan menaiki kereta atau bus sepuas mungkin. Namun, jika penginapanmu sudah dekat dengan destinasi wisata, kamu juga bisa dengan berjalan kaki saja untuk menelusuri keindahan kota di Eropa tersebut.