Berikut Update Terbaru Syarat Perjalanan Pesawat di Penghujung Tahun 2022

 

 

Berdasarkan peraturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), telah menerbitkan aturan terbaru untuk perjalanan dengan menggunakan alat transportasi udara yang wajib dipatuhi oleh penumpang. Pemerintah telah memberikan kelonggaran berupa tidak ada lagi syarat antigen dan PCR bagi yang sudah melakukan atau mendapatkan vaksin booster.

Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dalam Masa Pandemi COVID-19 yang terbit pada 25 Agustus 2022 lalu yang masih berlaku hingga saat sekarang ini.

Untuk melakukan sebuah perjalanan, seluruh penumpang juga wajib mematuhi ketentuan perjalanan dengan pesawat yang dimuat dalam Surat Edaran Nomor 82 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi udara Pada Masa Pandemi Covid-19. Apa saja update terbaru tentang syarat perjalanan pesawat hingga penghujung tahun 2022 ini? Berikut ulasannya.

 

1.Wajib Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi

 

 

Pertama, setiap penumpang wajib mengunduh aplikasi Peduli Lindungi bila belum ada, karena akan digunakan untuk mengisi beberapa data di E-HAC. Electronic-Health Card (E-HAC) adalah kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik yang wajib diisi oleh calon penumpang transportasi udara baik perjalanan domestik maupun internasional. E-HAC sendiri wajib diisi melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum keberangkatan sesuai dengan data pribadi penumpang pesawat.

 

2. Syarat Penumpang yang Berusia 18 Tahun ke Atas

 

 

Berikutnya, segala peraturan yang berlaku berdasarkan keterangan diatas, wajib dipatuhi oleh penumpang pesawat yang berusia lebih dari 18 tahun, namun juga ada beberapa syarat pendukung lainnya yang harus kamu ketahui:

  • Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah berusia 18 tahun ke atas wajib sudah di vaksin dosis pertama, kedua dan ketiga (booster Covid-19)
  • Jika penumpang sudah memiliki hasil vaksin dosis pertama, kedua dan ketiga, maka tidak perlu lagi untuk melampirkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid antigen saat melakukan destinasi perjalanan.
  • Bagi penumpang yang baru melakukan vaksin dosis pertama dan kedua, hanya bisa melakukan perjalan domestik saja.
  • Wajib menampilkan hasil test PCR bagi penumpang yang masih divaksin pertama dan kedua.

 

3. Syarat Penumpang yang Berusia 6-17 Tahun

 

 

Berikut syarat penerbangan bagi penumpang berusia 6 hingga 17 tahun:

  • Penumpang yang berusia 6-17 tahun wajib sudah mendapatkan vaksin dosis kedua.
  • Kemudian. penumpang berusia 6-17 tahun yang telah divaksinasi dalam 2 dosis, tidak perlu menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid antigen saat melakukan perjalanan.
  • Selanjutnya, penumpang berusia 6-17 tahun dengan vaksinasi 1 dosis tidak diperkenankan melakukan perjalanan domestik.
  • Ada pengecualian vaksinasi COVID-19 berlaku bagi penumpang berusia 6-17 tahun yang berasal dari perjalanan luar negeri.

 

4. Syarat Penumpang yang Berusia 6 Tahun ke Bawah

 

 

Selanjutnya, bagi penumpang yang berusia 6 tahun kebawah atau balita wajib memenuhi syarat berikut:

  • Anak-anak yang berusia 6 tahun kebawah atau balita diperbolehkan naik pesawat, tanpa perlu memenuhi syarat vaksinasi.
  • Tidak diwajibkan menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid antigen saat melakukan perjalanan.
  • Wajib didampingi oleh orang tua atau pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi COVID-19.

 

5. Mengikuti Protokol Kesehatan

 

 

Berdasarkan Surat Edaran yang sama dan sudah ditentukan sebelumnya, seluruh penumpang diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku sebagai berikut:

  • Menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hingga hidung, mulut dan dagu.
  • Mengganti masker secara berkala setiap empat jam sekali, dan membuang limbah masker di tempat sampah yang sudah disediakan.
  • Mencuci tangan secara berkala menggunakan air mengalir dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain.
  • Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan.
  • Tidak berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung sepanjang penerbangan.

 

Itulah beberapa syarat penerbangan pesawat yang berlaku hingga penghujung tahun 2022 ini. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan dan ikuti selalu protokol kesehatan ya. Semoga bermanfaat!