Beberapa Manfaat Solo Traveler Bagi Kehidupan

 

Hi, Travelers, siapa bilang jika liburan yang menyenangkan harus selalu dilakukan bersama sahabat, pasangan, ataupun keluarga? Buat kamu yang ingin merasakan healing tanpa adanya peran pendamping siapapun, kamu bisa banget untuk mencoba Solo Traveler ini. 

Mengapa demikian? karena kamu membutuhkan sesuatu yang lebih menantang dan bersikap fokus terhadap dirimu sendiri tanpa memikirkan pendapat orang lain terlebih dahulu. Kamu bisa menuju ke suatu tempat sesuai selera dan kemauan kamu tanpa harus berbasa-basi terlebih dahulu kepada siapapun.

Menjadi seorang yang gemar Solo Traveler tentu sangat keren bukan? Tidak hanya menambah pengalaman, tetapi juga bermanfaat bagi kamu. Apa saja sih manfaat menjadi seorang Solo Traveler? Berikut ulasannya.

Manfaat Solo Traveler Bagi Kehidupan

Jika kamu mencoba untuk melakukan perjalanan travelling sendirian, maka manfaat yang akan kamu dapatkan sebagai berikut

 

1. Meningkatnya Rasa Percaya Diri

 

Berdasarkan pendapat dari kebanyakan orang yang sudah melakukan solo traveling, keadaan tersebut akan menjadi suatu cara untuk menaikkan rasa percaya diri yang sebelumnya belum pernah kamu rasakan. Bila traveling yang kamu lakukan biasanya bersama dengan rekan bahkan orang terdekat kamu sendiri, tentu kamu sudah terbiasa untuk melewati berbagai hal secara bersama-sama.

Namun, tahukah jika kamu melakukan perjalanan destinasi berwisata sendirian, kamu yang sebelumnya memiliki sifat yang tidak gampang percaya diri, dan pemalu, maka selama solo traveling kamu tentu akan terpaksa melakukan segala hal sendirian. 

Selama berjalan-jalan di tempat wisata yang akan kamu tuju, tentu kamu akan berusaha sendiri untuk bertanya bahkan berani untuk memulai percakapan terlebih dahulu pada orang yang tidak dikenal sebelumnya. Jika sebelumnya traveling yang kamu rasakan berinteraksi dengan orang yang sama, maka sekarang kamu akan dipaksa untuk bisa memulai berinteraksi dengan orang-orang baru. 

Biasanya, rasa kepercayaan diri seperti ini tidak bisa dibentuk dengan sengaja, melainkan akan timbul dengan sesuatu yang bersifat mendesak atau terpaksa. Tetapi dengan menerapkan solo traveling ini rasa percaya diri kamu akan semakin meningkat dari biasanya. Dan kelebihannya adalah saat tidak traveling pun, kamu akan siap untuk berinteraksi dengan orang-orang baru di luaran sana.

 

2. Lebih Mencintai dan Mengenal Diri Sendiri

 

Jika traveling yang kamu rasakan selama ini selalu bersama dengan orang terdekat, maka kamu akan terbiasa untuk mengikuti kemauan orang tersebut. Namun, jika kamu menerapkan Solo Traveling ini dalam kehidupanmu sendiri, maka kamu akan mendapatkan apapun kemauan dan tujuan yang kamu inginkan dan yang tidak kamu inginkan.

Saat kamu memulai segala sesuatu dengan sendirian, hal tersebut tidak hanya membantu kamu untuk mengenali apa yang membuat kamu suka dan tidak suka, tetapi kamu juga dapat mengetahui apa saja hal yang membuat kamu merasa cemas dan takut. Tentu kamu akan lebih berhati-hati lagi untuk melangkah kedepannya.

 

3. Menerima Resiko Dengan Baik

 

Manfaat solo traveling berikutnya yang akan kamu rasakan yaitu, kamu mampu belajar dan menerima dengan baik dalam mengambil sebuah resiko. Selama perjalan traveling kamu tentu akan menjumpai sangat banyak orang-orang baru yang sama sekali tidak kamu kenal bagaimana sifat, kebiasaan, dan tutur katanya dalam berbicara.

Namun, dengan kamu bertemu dengan orang-orang baru tersebut, kamu akan belajar untuk menerima resiko bila orang yang kamu ajak berinteraksi tersebut ternyata memiliki watak yang tidak ramah atau ceplas ceplos. Tentu kamu tidak boleh untuk terlalu sedih dengan tingkah dan ucapannya, kamu harus bisa melakukan penyesuaian terhadap orang-orang yang memiliki sifat yang tidak sesuai dengan ekspektasimu.

Selain itu, selama kamu berada dalam sebuah perjalanan solo traveling kamu tentu akan lebih berani dalam menjelajahi wilayah-wilayah baru yang sebelumnya tidak kamu ketahui sama sekali. Eits, tetapi hal tersebut ternyata merupakan hal yang lumrah. Kamu justru akan mendapatkan pengalaman seru dan menantang melalui destinasi solo traveling yang sedang kamu lakukan ini.

 

4. Menjadi Pribadi Yang Lebih Mandiri

 

Manfaat yang bisa kamu rasakan berikutnya yaitu, kamu akan menjadi pribadi yang lebih mandiri dari sebelumnya. Bila sebelumnya kamu menjadi seseorang yang tidak bisa melakukan hal dengan sendirian, maka dengan mencoba solo traveling ini tentu kamu dalam melakukan segala hal kamulah yang mengaturnya sendiri.

Seperti mencari tahu transportasi, tempat makan, penginapan, dan destinasi wisata mana yang akan kamu kunjungi saat itu. Tentu kamu akan lebih mempersiapkan diri sebaik mungkin, agar kamu tidak kecewa dengan liburanmu.

Rasa mandiri inilah yang akan membantumu untuk tidak lagi bergantung pada orang lain.

 

5. Menjadi Pribadi Yang Lebih Bersyukur

 

Manfaat yang paling besar yang akan kamu rasakan adalah meningkatnya rasa syukur pada hal-hal terkecil hingga terbesar di setiap langkahmu. Contohnya saja seperti kamu dapat melakukan perjalanan solo traveling yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Karena solo traveling ini pasti terasa akan lebih sulit dibanding kamu bersama-sama dengan orang terdekat kamu.

Namun, dibalik kesulitan itulah kamu akan lebih merasa bersyukur karena kamu dapat melewatinya dengan sangat baik dengan jerih payahmu sendiri. Selain itu kamu akan mengerti betapa beruntungnya kamu selama ini sudah ditemani oleh orang-orang terdekatmu.

Nah, gimana Travelers? sekarang kamu sudah percaya diri bukan, jika ingin melakukan destinasi berwisata sendiri? Semoga artikel kali ini bisa membantu ya!