Alasan Mengapa Kamar Hotel Tidak Meletakkan Jam Sebagai Pajangan

 

https://api.shopstyle.com/

 

Kamu pasti pernah menyadari, mengapa saat memesan sebuah kamar hotel, tidak dilengkapi dengan fasilitas jam dinding maupun jam digital sebagai tambahan pajangannya. Ada sejumlah alasan dari pihak hotel, mengapa mereka tidak meletakkan atau memasang jam dinding di kamar.

Beberapa diantaranya beralasan sebagai efisiensi, namun ada juga yang mengatakan tidak ingin mengganggu tamu mereka dengan bunyi dentangan jam dinding. Tidak hanya itu, ada juga yang mengatakan pihak manajemen hotel takut akan kehilangan barang-barang yang merupakan bagian dari aset hotel. Mereka juga menyebutkan bahwa tamu akan merasa lebih rileks tanpa adanya jam di dalam kamar hotel.

Meskipun diantara kamu juga pernah menemukan beberapa hotel dengan memberikan tambahan barang elektronik seperti jam dinding dikamarnya, ternyata ada beberapa alasan selain disebutkan dari pembahasan diatas. Apa saja itu? Mari, simak!

 

1. Mengganggu Kenyamanan Tamu Hotel

Berdasarkan hasil penelitian, meletakkan dan memajang jam di dalam kamar sebuah hotel, akan mengganggu kenyaman tamu saat hendak menginap. Karena jam dinding yang aktif pasti memiliki suara perdetik gerak jarumnya, sehingga akan menghilangkan suasana kamar yang sunyi senyap dari kebisingan. Kemudian, dengan ditiadakannya jam dinding dalam kamar hotel juga akan membantu tamu meresa lebih rileks dan tidak terburu-buru saat pandangan mata tidak pernah terlepas dari jam tersebut.

 

2. Rawan Akan di Curi

Faktor lainnya yaitu, beberapa hotel yang menyediakan jam berupa jam digital yang berukuran cukup kecil pada meja kamar, akan rentan dicuri oleh tamu hotel yang tidak bertanggung jawab.

 

3. Efisiensi Bahaya

Selanjutnya, penggunaan jam digital yang disediakan dalam sebuah kamar hotel, seperti iPod dock yang sudah tidak terlalu populer ini memiliki alasan, seperti adanya efisiensi biaya yang dikeluarkan dari sisi penggunaan barang, dimana sifat jam tersebut merupakan jam elektronik. Maka dari itu, beberapa hotel yang sempat memberikan fasilitas kamar berupa jam elektronik, akan mencabut nya dari beberapa tahun yang lalu hingga sekarang.

 

4. Gunakan Alternatif Pengganti Jam

Alasan lainnya yaitu, beberapa hotel sudah menerapkan ketersediaan sejumlah alat alternatif pengganti jam seperti adanya fasilitas wake up call dari hotel sebagai pengganti alarm jam maupun jam digital yang sudah dilengkapi pada ponsel masing-masing tamu hotel. Hingga saat ini, wake up call mulai berlaku disetiap penginapan hotel, sesuai dengan permintaan tamu hotel yang ingin berkunjung.

Wake up call merupakan sebuah fasilitas dari hotel, dimana pihak hotel bertujuan untuk membangunkan tamu hotelnya atau sebagai pengingat tamu hotel tersebut ketika akan terlibat dalam urusan pekerjaan atau agenda tertentu. Kamu bisa membuat perjanjian dahulu sebelumnya, seperti menelfon pihak receptionist atau mendatanginya secara langsung.

 

5. Menjaga Suasana Agar Tetap Rileks

Berdasarkan beberapa sumber, seperti Manager hotel dan Sales Marketingnya, ketika ditanya mengenai fasilitas jam dinding yang tidak ada dalam kamar, kebanyakan dari mereka mengatakan hal yang sama. Pasalnya, mereka ingin tetap menjadi suasana agar para tamu hotel merasa nyaman dan rileks untuk sejenak beristirahat.

Bahkan, pada tempat penginapan seperti resort dan villa pun kebanyakan dari mereka juga memberlakukan hal yang sama. Pajangan jam dinding atau jam digital lainnya kebanyakan hanya terletak pada meja receptionist, lobby, atau pajangan disetiap lorong kamarnya. Karena, mereka juga menginginkan para tamunya untuk tidak merasa terburu-buru seolah dikejar waktu, saat asik liburan bersama keluarga atau sahabat.

 

Bagaimana? Sudahkah kamu paham mengapa kamar hotel dan penginapan lainnya tidak menyediakan fasilitas jam sebagai pajangan kamar dan hiasan dindingnya? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!