5 Tata Tertib Berwisata Bagi Traveler Pemula

 

 

Tanggal 27 September 2022 diperingati sebagai World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia. Hal ini bertujuan untuk merayakan momentum untuk mendorong perkembangan pariwisata di berbagai penjuru yang ada di Dunia. Salah satu hal yang mendorong perkembangan pariwisata adalah etika para pengunjung yang akan menjadikan destinasi tersebut sebagai pilihan berlibur, dan bertujuan menjadikan destinasi wisata tersebut aman dan nyaman.

Dengan penekanan angka covid yang sudah mulai menurun, kebanyakan masyarakat di Indonesia yang memiliki hobi traveling akan kembali menjelajahi wisata-wisata lokal yang berada di berbagai daerah. Tetapi, dengan menjadi wisatawan lokal, kamu tentu harus menonjolkan sikap yang memiliki tata tertib beretika dan menebar senyuman. Berikut tata tertib wisatawan yang harus diketahui saat berlibur, agar menjadi kesenangan bagi para pendatang dan penduduk setempat.

 

1. Sopan, Ramah, dan Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar

Saat kamu akan kembali melakukan aktivitas traveling yang sempat terhenti karena peningkatan angka covid, cobalah untuk selalu bersikap sopan dan ramah terhadap warga lokal dan sekitarnya. Sikap sopan dan ramah ini tidak hanya ditujukan kepada sesama para wisatawan lainnya saja, tetapi sesekali kamu juga harus bisa menebar kebaikan dan senyuman terhadap lingkungan mana saja yang akan kamu datangi.

 

2. Mematuhi Segala Peraturan Lingkungan Setempat

Sebagai wisatawan pendatang baru, tentu kamu masih belum mengetahui betul aturan-aturan dan larangan yang berlaku di wilayah tersebut. Ada baiknya, ketika akan mendatangi lokasi berwisata yang baru, kamu mengetahui terlebih dahulu seluk beluk liburan yang akan ditempati. Kamu bisa memulai dengan mencari tahu dari berbagai sumber kemudian menulis peraturan tersebut ke memo yang ada di handphone atau secarik kertas saja. 

Biasanya, daerah pedesaan yang memiliki sumber kekayaan dan wisata alam yang sangat indah, memiliki larangan dan pantangan berdasarkan adat istiadatnya. Sebaiknya kamu mematuhi peraturan tertulis dan juga peraturan yang tidak tertulis, agar tidak salah dalam melangkah kapanpun dan dimanapun selama kamu masih berada dalam lingkungan tersebut.

Mematuhi segala peraturan berwisata di lingkungan setempat, merupakan suatu tindakan yang patut untuk diapresiasi, karena ikut menghargai dan menghormati lingkungan sekitar dan masyarakat setempat.

 

3. Menggunakan Alat Transportasi Umum

Ketika kamu akan berencana untuk berwisata ke daftar destinasi liburan kamu, usahakan untuk menggunakan angkutan umum selama berada di tempat tujuan. Langkah ini bertujuan agar kamu lebih mengenal lingkungan khalayak ramai yang biasa di padati oleh beberapa penduduk, seperti terminal, stasiun dan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menghemat pengeluaran atau bahan bakar jika sebelumnya menggunakan transportasi pribadi. Tidak ada salahnya untuk sedikit berbaur, agar menambah wawasan bagaimana lingkungan sekitar terhadap wisatawan lokal yang berdatangan dari berbagai daerah.

 

4. Melestarikan Keindahan Alam 

Jika list traveling yang akan kamu kunjungi kali ini termasuk dalam kategori wisata alam, jangan sampai kamu merusak tanaman atau tumbuhan-tumbuhan di area wisata tersebut atau mengganggu beberapa jenis spesies hewan yang ada disana. Jadilah seorang traveler yang bijak dan cinta akan keindahan alam di setiap tempat yang menyediakan beberapa fasilitas untuk menghibur para pengunjung.

 

5. Membawa Kantong Belanja Pribadi

Saat melakukan destinasi wisata, pastikan kamu membawa persiapan kantong belanjaan, guna untuk mengurangi kantong plastik dari sampah-sampah yang tidak ramah lingkungan. Kamu bisa membawa kantong belanjaan yang dilipat ke dalam tas traveling kamu. 

Kemudian, pastikan sampah yang kamu miliki dibuang pada tempat yang semestinya. Membuang sampah pada tempatnya merupakan hal yang paling dasar dan sudah diterapkan dalam kehidupan sejak kecil. Jika di tempat wisata tidak menyediakan tempat sampah, maka pengunjung atau wisatawan bisa menyimpan sementara waktu ke dalam tas atau kantong plastik yang sudah disiapkan sebelumnya. Meski hal ini terlihat biasa saja namun sederhana, tapi langkah ini memiliki peran yang sangat besar bagi lingkungan alam sekitarnya. 

 

Nah, itulah beberapa tata tertib berwisata bagi Traveler pemula maupun bukan pemula, semoga tips ini membantu, ya!