5 Kota Wisata Kelahiran Pahlawan Nasional

 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/08/130913678/tugu-pahlawan-surabaya-monumen-yang-didirikan-untuk-mengenang-peristiwa?page=all

 

Sejarah adanya pembangunan Tugu Pahlawan yang ada di Indonesia, khususnya Tugu Pahlawan Surabaya terdapat dua versi yang berbeda. Versi pertama menyebutkan bahwa pendirian Tugu Pahlawan dicetuskan oleh Walikota Surabaya yaitu Doel Arnowo. Beliau meminta kepada Mr. Tan untuk merancang gambar Tugu Pahlawan yang kemudian diserahkan kepada Ir. Soekarno. Versi kedua menyebutkan bahwa Tugu Pahlawan didirikan atas usulan dari Presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno.

Kemudian, setelah usulan tersebut diterima oleh walikota Surabaya, Doel Arnowo yang kemudian mengadakan sayembara untuk memilih beberapa arsitek yang dimenangkan oleh Ir. R. Soeratmoko. Hal tersebut bertujuan untuk mengingat perjuangan arek-arek Suroboyo pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Tugu Pahlawan merupakan sebuah monumen bersejarah untuk mengenang peristiwa pertempuran Pahlawan di masa penjajahan dan masa lampau. Berikut kota-kota wisata kelahiran Pahlawan Nasional yang ada di Indonesia.

 

1. Soekarno dan Bung Tomo – Surabaya, Jawa Timur

https://bangsaonline.com/berita/34627/wali-kota-blitar-dan-megawati-soekarno-putri-resmikan-patung-bung-karno-putra-sang-fajar?browsefrom=mobile

 

Ir. Soekarno dan Bung Tomo lahir di Surabaya, Jawa Timur. Kota yang disebut sebagai Kota Pahlawan ini, bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata menarik di Surabaya. Kota ini memiliki sangat banyak koleksi bersejarah seperti artefak-artefak peninggalan pertempuran Surabaya, foto, senjata-senjata, dan lainnya.

Kamu juga bisa mengunjungi Hotel Yamato, yang dikenal sebagai Hotel Majapahit pada saat ini untuk mengetahui peristiwa perobekan warna biru bendera Belanda dan diganti menjadi Bendera Merah Putih. Selanjutnya, kamu juga bisa berkunjung ke Hutan Bambu Keputih yang juga merupakan destinasi wajib bagi wisatawan yang datang ke Surabaya untuk menikmati keindahan alam seperti pohon bambu yang menjulang tinggi bak suasana yang ada di Jepang. Tidak hanya itu, Surabaya juga memiliki destinasi wisata Pantai yang indah, yaitu Pantai Kenjeran yang terhubung dengan aliran Jembatan Suramadu yang megah. Kamu bisa mengabadikan beberapa momen di spot-spot tertentu bersama keluarga atau teman.

 

2. Ki Hajar Dewantara dan Ahmad Dahlan – Yogyakarta

 

 

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/jemima/daftar-sekolah-yang-didirikan-oleh-pahlawan-nasional

 

Selanjutnya, kota wisata Pahlawan Nasional bersejarah yang bisa kamu kunjungi adalah Yogyakarta. Yogyakarta merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional yang terkenal dengan warisan wisata bersejarah, budaya alam yang memesona,  penduduknya yang ramah, memiliki warisan sejarah, serta biaya kehidupan yang terjangkau. Tidak hanya Ki Hajar Dewantara, pahlawan nasional lainnya seperti Ahmad Dahlan, Pangeran Diponegoro dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX juga lahir di tanah Yogyakarta.

Destinasi wisata bersejarah yang bisa kamu kunjungi selama berada di Yogyakarta yaitu mengunjungi Museum Ullen Sentalu yang memiliki desain bergaya Eropa Kuno. Disini kamu bisa melihat beberapa warisan budaya dan kehidupan bangsawan dari Dinasti Kuno Kesultanan Yogyakarta. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi wisata alam Bukit Isis Kulon Progo dengan menyaksikan pemandangan alam eksotis yang sejuk dari ketinggian. Tidak hanya itu, Pantai Samas, Kotagede dan Hutan Pinus Pengger juga merupakan destinasi wisata alam yang menarik dan masih banyak lainnya.

 

3. Mohammad Hatta – Bukittinggi, Sumatera Barat

https://www.gurusiana.id/read/columbalivia/article/bung-hatta-dan-buku-4052400#!

 

Kota wisata kelahiran pahlawan nasional selanjutnya yaitu yang kita kenal sebagai Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu, Bung Hatta. Bung Hatta merupakan kelahiran Sumatera Barat, pada tanggal 12 Agustus 1902. Monumen ini berada di tengah pusat kota Bukittinggi yang berdekatan dengan tugu Jam Gadang yang menjadi ciri khas monumen Kota Bukittinggi. 

Rumah Bung Hatta yang berada di Jalan Soekarno Hatta nomor 37, ini bisa kamu kunjungi sebagai pilihan destinasi wisata bersejarah yang ada di Kota Bukittinggi. Kamu juga dapat mengabadikan beberapa momen-momen bersejarah dengan melakukan dokumentasi selama berada di kediaman Bung Hatta tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi wisata bersejarah di Indonesia lainnya seperti menjelajahi penampakan Lubang Jepang yang berada tidak jauh dari destinasi wisata Ngarai Sianok yang memiliki pemandangan alam keindahan panorama dengan tebing-tebing yang menjulang dan bukit hijau disekitarnya.

Bukittinggi sangat banyak menyediakan destinasi wisata alam dan wisata margasatwa yang terkenal sebagai Taman Nasional dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Taman Margasatwa juga menyimpan beberapa monumen bersejarah Indonesia lainnya seperti Benteng Fort De Kock yang dulunya merupakan benteng perlawanan saat penjajahan Indonesia-Belanda. 

Tak cukup hanya dengan berjalan-jalan, kamu juga bisa menikmati kelezatan wisata kuliner khas Bukittinggi yaitu nasi kapau yang berada di Pasa Ateh Bukittinggi. Dengan berbagai pilihan lauk dan makanan khas Sumatera Barat yang sangat menggugah selera. Selain itu, kamu juga dapat mencicipi makanan tradisional khas kota tersebut seperti pisang santan yang sering dicicipi oleh setiap wisatawan daerah manapun.

 

4. Cut Nyak dien dan Cut Nyak Meutia – Aceh

https://www.tempatwisata.pro/wisata/Rumah-Cut-Meutia

 

Aceh juga merupakan kota wisata kelahiran pahlawan nasional yang ada di Indonesia, yaitu Cut Nyak Dien yang berperan besar dalam memimpin peperangan melawan penjajahan Belanda pada tahun 1873. Dan Cut Meutia dikenal sebagai seorang ahli yang mampu mengatur jalannya strategi pertempuran untuk menghancurkan pertahanan militer Belanda.

Kota yang kita kenal dengan peristiwa Tsunami Aceh lalu, banyak menyimpan kenangan tragis yang mendalam. Banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Museum Tsunami Aceh yang menyajikan berbagai dokumentasi peristiwa Tsunami Aceh. Tidak hanya itu, Aceh juga memiliki beragam destinasi wisata yang sangat memesona, yaitu Masjid Raya Baiturrahman, yang menjadi salah satu peninggalan terbesar kerajaan Aceh yang dianggap sebagai simbol agama, budaya dan perjuangan masyarakat Aceh kala itu hingga masih banyak lainnya.

 

5. Pattimura dan Martha Tiahahu – Maluku Tengah

https://www.celebes.co/maluku/patung-christina-martha-tiahahu

 

Kota wisata selanjutnya yang menjadi kota kelahiran pahlawan nasional ini terletak di Maluku Tengah. Monumen bersejarah yang ada di kota ini adalah monumen Martha Christina Tiahahu yang merupakan seorang pahlawan wanita yang berperan melawan tentara kolonial Belanda saat terjadinya perang Pattimura pada tahun 1817. Peperangan ini disebabkan oleh Belanda yang ingin menguasai perdagangan rempah-rempah yang ada di Indonesia. Saat itu, pahlawan Pattimura yang memimpin jalannya perang bersama masyarakat maluku lainnya yang disebabkan oleh Belanda ketika ingin menguasai Benteng Duurstede.

Destinasi wisata yang ada di Maluku Tengah ini yaitu Pulau Nusa Pombo yang memiliki keanekaragaman ekosistem hayati yang menakjubkan. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati hamparan lautan yang luas, dan pemandangan biota laut yang indah. Masih banyak lagi destinasi wisata alam yang indah bisa kamu temui di Maluku ini.

 

Nah, itulah beberapa destinasi wisata kota bersejarah kelahiran pahlawan nasional yang ada di Indonesia, bisa kamu kunjungi saat berlibur. Semoga artikel kali ini membantu, ya!