5 Fakta Menarik Negeri Qatar yang Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

 

https://id.pinterest.com/

 

Qatar adalah sebuah negara emirat di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Satu-satunya batas darat mereka adalah Arab Saudi di selatan dan sisanya berbatasan dengan Teluk Persia. Teluk ini juga yang memisahkan Qatar dari negara pulau Bahrain.

Seiring berkembangnya kebangkitan Islam, wilayah tersebut menjadi tunduk pada kekhalifahan Islam yang kemudian diperintah oleh sejumlah dinasti lokal dan asing sebelum jatuh di bawah kendali. Dinasti Thani (Āl Thānī) di abad ke-19, yang mencari perlindungan Inggris untuk melawan kelompok-kelompok suku dengan bersaing dan melawan Kesultanan Utsmaniyah yang menduduki negara itu pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Kemudian, daerah Britania Raya mengendalikan kebijakan luar negeri Qatar hingga kemerdekaan Qatar pada tahun 1971. Setelah itu, monarki berlanjut untuk memelihara hubungan dekat dengan kekuatan Barat sebagai pilar utama keamanan nasionalnya.

Seperti kita ketahui, Qatar menjadi tuan rumah piala dunia pada tahun 2022 ini. Lalu, apa saja fakta unik dan menarik yang bisa ketahui di negara ini? Yuk, simak!

 

1. Sejarah Etnis

Sebelum abad ke-18, Qatar sebagian besar terdiri dari pengembara Badui dan hanya ada beberapa desa nelayan kecil. Sejarah modern Qatar dimulai secara konvensional pada1766 dengan migrasi keluarga-keluarga dari Kuwait ke semenanjung, terutama keluarga Khalifah.

Kota Baru Al-Zubārah menjadi pusat pertolongan dan perdagangan mutiara kecil. Pada 1783 keluarga Khalifah memimpin penaklukan di dekat Bahrain hingga menjadi penguasa keluarga sepanjang abad ke-20. Pada tahun 1971, Qatar menjadi protektorat Inggris, yang berada di bawah kekuasaan Utsmaniyah.

Dahulu, Inggris sempat menguasai wilayah Qatar saat datang untuk berdagang. Qatar kemudian memperolah status sebagai dependen dari Inggris. Lalu pada tahun 1968 Inggris mengumumkan recana untuk menarik diri dari teluk, dan status protektorat Inggris pun dihentikan sebelumnya.

 

2. Pemerintahan

Sistem pemerintahan di negara ini merupakan negara monarki konstitusional yang dipimpin oleh keluarga Al Thani. Dinasti ini memipin Qatar sejak tahun 1825. Kemudian, pada tahun 2022, Qatar mulai memilih secara langsung 30 hingga 45 anggota Dewan Legislatif. Konstitusi ini kemudian disetujui secara mutlak dalam referendum dengan angka 98 persen.

Pada 25 Juni 2013, Hamad bin Khalifa Al Thani yang merupakan ayah dari Tamim bin Hamad Al Thani, mulai menyerahkan kekuasaannya. Kanselir tertinggi memiliki kekuasaan eksklusif untuk memilih dan mencopot perdana menteri dan menteri kabinet yang semuanya membentuk Dewan Menteri. Dewan Menteri ditunjuk sebgaai otoritas eksekutif tertinggi di negara ini.

 

3. Gas Alam Terbesar di Dunia

Qatar merupakan salah satu negara yang kaya lantaran memiliki salah satu cadangan minyak dan gas alam terbesar ketiga di dunia. Dalam prosesnya, mereka mempekerjakan sejumlah besar pekerja asing dalam proses produksinya. Kekayaan minyak Qatar membuat penduduk di negara itu menikmati kesanangan fasilitas dan taraf hidup yang tinggi serta sistem pelayanan sosial yang mapan. Maka, tak heran Qatar menjadi negara dengan pendapatan ekonomi tinggi. Maka dari itu, Qatar digolongkan sebagai negara yang memiliki indeks pembangunan manusia yang paling baik di antara negara Arab lainnya.

Qatar memiliki pengaruh yang cukup kuat di Jazirah Arab, untuk mendukung beberapa kelompok pemberontak selama Musim Semi Arab baik secara finansial dan melalui Grup media global mereka dalam Jaringan Media Al Jazeera. Secara keseluruhan, Qatara memegang pengaruh yang cukup penting di Dunia, tak heran kalau Qatar ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022, sebagai negara Arab pertama yang mendapatkannya.

 

4. Tuan Rumah Piala Dunia, 2022

Sabtu, 19 November 2022 untuk menggelar Piala Dunia, 2022. Qatar telah menginvestasikan begitu banyak uang, bahkan saat Qatar menjadi tuan rumah dalam Piala Dunia, tercatat sebagai biaya termahal di sepanjang sejarah, sejak pertama kali ajang itu diadakan pada tahun 1930.

Dari berbagai hasil laporan, biaya yang dikeluarkan melebihi 200 miliar dolar, bahkan bisa lebih tinggi lagi. Piala Dunia termahal sebelumnya, yaitu turnamen yang diadakan di Brazil pada tahun 2014 dan di Rusia pada tahun 2018. Keduanya menghabiskan biaya kurang dari 15 miliar dolar.

Tak hanya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, AFC memilih Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Kepastian didapat dari rapat Exco AFC di Bukit Jalil, Malaysia, Senin 17 Oktober 2022.

Qatar juga menjadi juara bertahan Piala Asia, yang mampu mengalahkan Jepang 3-1 saatr final di Uni Emirat Arab tiga tahun lalu, ini merupakan kali ketiga negara kaya minyak tersebut menjadi tuan rumah Piala Asia setelah 1998 dan 2011.

 

5. Kuliner

Ciri khas yang menjadi hidangan khusus di negara Qatar yaitu, Mathroobi yang terdiri dari ayam dengan bubur kental yang dibuat dari gandum, bawang, tomat, ghee, dan berbagai bumbu lainnya. Hidangan ini merupakan hidangan tradisional yang dikonsumsi sebagai suguhan istimewa saat berbuka puasa Ramadhan. Rasa yang ditampilkan juga memiliki kelezatan yang nyata. Menu ini juga tidak hanya dinikmati sat Ramadhan saja, namun juga disajikan di Hari Raya dan hari besar lainnya.

 

6. Pariwisata

Yang menjadi ciri khas Qatar yaitu tempat wisata baru yang dibuat seperti Winter Wonderland yang menempati wilayah seluas 200 ribu meter persegi di Pulau Al Maha. Lokasinya sangat dekat dengan Kota Lusail di sisi utara Ibu Kota Qatar, Doha. Winter Wonderland baru mulai dibuka November 2022, yang akan berlangsung selama 5 tahun. Lokasi ini terdiri dari enam area, dan memiliki 50 fasilitas permainan yang tersedia untuk semua kalangan.

 

Nah, itulah beberapa rangkuman singkat mengenai fakta dan keunikan Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia saat ini. Semoga bermanfaat, ya!